No image available for this title

Tesis

Analisis pengaruh efektivitas assurance, consulting dan keahlian auditor terhadap opini audit keuangan dengan sistem pengendalian untern sebagai variabel Intervening pada pemerintah Kota Palembang tahun 2019



Pembimbing : Adji Suratman dan Hendri

Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan Pengaruh Efektivitas Assurance, Consulting Dan Keahlian Auditor Terhadap Opini Audit Keuangan Dengan Sistem Pengendalian Intern Sebagai Variabel Intervening baik secara langsung Maupun secara tidak langsung. Penelitian ini dilaksanakan di Inspektorat kota Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Inspektorat kota Palembang yang berjumlah 59 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Sampling Jenuh yaitu pengambilan sampel dilakukan secara keseluruhan dari jumlah populasi. Sejalan dengan pendapat tersebut diatas, maka dalam penelitian ini mengambil keseluruhan jumlah populasi yaitu sebanyak 59 orang sebagai data penelitian. Analisis data dilakukan dengan metode Partial Least Square (PLS), dengan cara Menilai outer model atau measurement model dan Menilai inner model atau struktural model.

Hasil penelitian uji hipotesa pertama menunjukkan bahwa Assurance tidak berpengaruh signifikan positif terhadap Sistem Pengendalian Intern, Hasil uji hipotesa kedua menunjukkan bahwa Consulting berpengaruh signifikan positif terhadap Sistem Pengendalian Intern, Hasil uji hipotesa ketiga menunjukkan bahwa Keahlian Auditor berpengaruh signifikan positif terhadap Sistem Pengendalian Intern, Hasil uji hipotesa keempat menunjukkan bahwa Assurance tidak berpengaruh signifikan positif terhadap Opini Audit, Hasil uji hipotesa kelima menunjukkan bahwa Consulting berpengaruh signifikan positif terhadap Opini Audit, Hasil uji hipotesa kelima menunjukkan bahwa Keahlian Auditor berpengaruh signifikan positif terhadap Opini Audit, Hasil uji hipotesa ketujuh menunjukkan bahwa Sistem Pengendalian Intern berpengaruh signifikan positif terhadap Opini Audit, Hipotasis kedelapan menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh Assurance terhadap Opini Audit melalui Sistem Pengendalian Intern, Hipotesis kesembilan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Consulting terhadap Opini Audit melalui Sistem Pengendalian Intern, Hipotesis kesepuluh menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Keahlian Auditor terhadap Opini Audit melalui Sistem Pengendalian Intern. Berdasarkan nilai r-Square menunjukkan bahwa Assurance, Consulting dan Keahlian Auditor mampu menjelaskan variabilitas konstrak Opini Audit sebesar 84,9%, dan sisanya sebesar 15,1% diterangkan oleh konstrak lainnya diluar yang diteliti dalam penelitian ini, Sedangkan Assurance, Consulting dan Keahlian Auditor mampu menjelaskan variabilitas konstrak Sistem Pengendalian Intern sebesar 85%, dan sisanya sebesar 15% diterangkan oleh konstrak lain nya diluar yang diteliti dalam penelitian.

Penelitian ini di harapkan dapat memberikan suatu gambaran kepada Pemerintah bahwa Assurance, Consulting, Keahlian Auditor, Sistem Pengendalian Intern dan Opini Audit merupakan hal yang penting dan memiliki peranan masing-masing dalam mencapai kualitas laporan keuangan. Ketiganya memiliki fungsi dan tujuan yang dapat memberi dampak bagi hasil penyusunan laporan keuangan dalam Pemerintah. Dengan diterapkannya sistem pengendalian internal, manajemen akan menekankan pentingnya pengendalian dan mengambil langkah penting untuk mengendalikannya. Untuk pemerintah daerah agar memperkuat SPI untuk meminimalisasi temuan baik yang bersifat material maupun keseluruhan jumlah temuan. Dengan SPI yang lebih baik akan membuka kemungkinan yang lebih besar untuk mendapatkan opini WTP. Pemerintah daerah tetap harus memperhatikan kepatuhan pada peraturan perundang-undangan.

Kata kunci : Opini Audit, Assurance, Consulting, Keahlian Auditor, Sistem Pengendalian Intern


Ketersediaan

1560030029TES 272 2020Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TES 272 2020
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
123 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1560030029
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya