No image available for this title

Tesis

Determinasi faktor-faktor good corporate governance terhadap kinerja keuangan dan implikasinya terhadap manajemen laba (studi empiris pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indoensia periode 2015-2018)



Pembimbing : Aang Syahdina dan Wawan Subawan

Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Komposisi Dewan Komisaris Independen, Ukuran Dewan Komisaris, Komite Audit, Bonus Plan terhadap Manajemen Laba dengan Kinerja Keuangan sebagai variabel intervening pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2018.

Populasi dalam penelitian ini sebanyak 43 perusahaan. Teknik sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dan jumlah sampel 14 perusahaan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi panel menggunakan aplikasi Eviews 9.0.

Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Ukuran Dewan Komisaris, dan Komite Audit berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja Keuangan, sementara Komposisi Dewan Komisaris Independen, dan Bonus Plan tidak berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan, namun secara bersama-sama keempat variable tersebut berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja Keuangan.

Berdasarkan implikasi gabungan/menyeluruh Pengaruh Langsung (PL) maupun pengaruh tidak langsung (PTL) dapat diketahui bahwa Komposisi Dewan Komisaris Independen memiliki pengaruh langsung yang paling dominan terhadap manajemen laba dibanding komite audit. Namun secara parsial variable Bonus plan berpengaruh negative terhadap manajemen laba dan Kinerja keuangan berpengaruh positif terhadap manajemen laba, sementara komposisi dewan komisaris independen, ukuran dewan komisaris dan komite audit tidak berpengaruh terhadap manajemen laba.

Kata kunci: Komposisi Dewan Komisaris Independen, Ukuran Dewan Komisaris, Komite Audit, Bonus Plan, Kinerja Keuangan, Manajemen Laba


Ketersediaan

1560030056TES 269 2020Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TES 269 2020
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
201 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1560030056
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya