No image available for this title

Skripsi

Analisis volume transaksi pemakaian Ovo dan Gopay terhadap penjualan pada UMKM di Kecamatan Setiabudi



Pembimbing : Desnirita

Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh volume transaksi pemakaian GOPAY dan OVO terhadap penjualan pada UMKM di Kecamatan Setiabudi. Dalam penelitian ini digunakan data primer yang diperoleh langsung dari pihak pertama dengan jenis data kuantitatif yang berlangsung pada periode Juli – Desember 2019. Sampel penelitian ini adalah UMKM penyedia sistem pembayaran uang elektronik jenis GOPAY dan OVO. Berdasarkan sampel yang diambil maka teknik pengolahan data yang akan digunakan adalah metode regresi linier berganda. Dimana uji yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan metode time series dan cross section dan menggunakan software Eviews 9.0.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel volume transaksi pemakaian GOPAY memiliki pengaruh yang signifikan terhadap transaksi penjualan yang ada pada UMKM di Kecamatan Setiabudi, sedangkan untuk variable volume transaksi pemakaian OVO memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap transaksi penjualan pada UMKM di Kecamatan Setiabudi. Hal ini menunjukkan bahwa kedua variable pada penelitian ini berpengaruh terhadap transaksi penjualan pada UMKM di Kecamatan Setiabudi. Berdasarkan uji pada metode regresi panel, diperoleh bahwa model Random Effects meupakan metode yang paling tepat untuk mengetahui signifikansi pengaruh dari variable-variabel yang diteliti yaitu sebesar 0.487337 atau 48,73%.

Kata Kunci: usaha mikro kecil menengah, volume pemakaian GOPAY, volume transaksi pemakaian OVO, penjualan pada UMKM, metode regresi linier berganda, time series data, cross-section data


Ketersediaan

2015021009SKR - MNJ 59 2020Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - MNJ 59 2020
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
94 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2015021009
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya