No image available for this title

Skripsi

Pengaruh total asset turnover dan net profit margin terhadap dividen payout ratio pada perusahaan yang termasuk dalam indekx LQ45 di Bursa Efek Indonesa periode 2013-2018



Pembimbing : Ida Musdafia Ibrahim

Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh total asset turnover terhadap dividend payout ratio, (2) pengaruh net profit margin terhadap dividend payout ratio, dan (3) pengaruh total asset turnover dan net profit margin terhadap dividend payout ratio pada perusahaan yang termasuk dalam indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2018.

Dalam penelitian ini data yang digunakan yaitu data sekunder. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kausal komparatif dengan pengambilan sampel secara purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan yang termasuk dalam indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2018. Sampel pada penelitian ini adalah 7 perusahaan dari 45 perusahaan yang terdaftar dalam indeks LQ45 periode 2013-2018 secara berturut-turut sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan data time series dan cross section dengan menggunakan software Eviews 9.0. Analisis Regresi berganda dan uji hipotesis menggunakan t-statistik digunakan dalam penelitian ini untuk menguji koefisien regresi parsial serta f-statistik untuk menguji keberartian pengaruh secara bersama-sama dengan tingkat signifikansi 5%. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel total asset turnover secara parsial (uji t) berpengaruh positif dan signifikan terhadap dividend payout ratio yang termasuk dalam indeks LQ45 di BEI, net profit margin secara parsial (uji t) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap dividend payout ratio, hasil penelitian secara simultan (uji F) menunjukkan berpengaruh signifikan dari total asset turnover dan net profit margin terhadap dividend payout ratio yang termasuk dalam indeks LQ45 di BEI.

Kata kunci : Total Asset Turnover, Net Profit Margin, and Dividend Payout Ratio


Ketersediaan

2015021091SKR - MNJ 53 2020Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - MNJ 53 2020
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
119 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2015021091
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya