No image available for this title

Skripsi

Analisis pengaruh capital adequacy ratio (CAR), net interest margin (NIM) dan Loan to deposit ratio (LDR) terhadap return on asset (ROA) pada Bank Buku IV periode 2010-2018



Pembimbing : Purnawan Sahli

Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CAR, NIM dan LDR terhadap ROA pada bank buku IV periode 2010-2018. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan publikasi tahunan perusahaan perbankan yang tercatat di Bursa Efek. Setelah melewati tahap purposive sampling, maka sampel yang layak digunakan sebanyak 4 Perusahaan. Hasil analisis dan pengujian menunjukkan bahwa dari tiga model regresi data panel yaitu CEM, FEM, dan REM, model yang sesuai adalah REM (Random Effect) yang diolah dengan bantuan software Eviews 9.0.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel NIM adalah satu-satunya variabel yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA, sedangkan CAR dan LDR tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ROA. Hasil Adjusted R-Square dalam model regresi ini yaitu sebesar 0.536475. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel independen yaitu CAR, NIM dan LDR terhadap ROA adalah sebesar 53.64% sedangkan sisanya 46.36% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam model ini.

Kata Kunci : Capital Adequacy Ratio (CAR), Net Interest Margin (NIM), Loan to Deposit Ratio (LDR), dan Return on Asset (ROA).


Ketersediaan

2015021007SKR - MNJ 42 2020Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - MNJ 42 2020
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
88 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2015021007
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya