No image available for this title

Skripsi

Pengaruh pertumbuhan penjualan, leverage dan perputaran persediaan terhadap profitabilitas pada perusahaan sektor konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2017-2019



Pembimbing : Abdul Djawad

Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris apakah pertumbuhan penjualan, leverage dan perputaran persediaan berpengaruh terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur sektor konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019.

Penelitian ini menggunakan data sekunder. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019 yang menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 17 perusahaan yang memiliki kriteria-kriteria sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Alat pengujian menggunakan analisis regresi data panel dengan data time series dan cross section. Analisis data menggunakan Eviews 9.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Pertumbuhan Penjualan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas. Variabel leverage berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas, sedangkan vaiabel perputaran persediaan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap profitabilitas. Secara simultan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Pertumbuhan Penjualan, leverage dan perputaran persediaan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan ada pengaruh yang signifikan sebesar 49,34% dan sisanya 50.66% dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata Kunci: Pertumbuhan Penjualan, Leverage, Perputaran Persediaan, Profitabilitas.


Ketersediaan

2016021077SKR - MNJ 13 2020Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - MNJ 13 2020
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
127 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2016021077
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya