No image available for this title

Skripsi

Pengaruh penerapan PP Nomor 71 tahun 2010, sistem informasi manajemen keuangan daerah (Simda) terhadap kualitas laporan keuangan akuntansi akrual basis pada pemerintah provinsi Sulawesi Tengah (studi pada organisasi perangkat daerah)



Pembimbing : Wiwik Pratiwi

Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris apakah pengaruh penetapan peraturan pemerintah nomor 71 dan sistem informasi manajemen keuangan daerah (SIMDA) berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan akuntansi akrual basis pada pemerintah daerah Provinsi Sulawesi Tengah.

Dalam penelitian ini digunakan data Primer. Sampel penelitian adalah Dinas dan Instansi Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah pada bagian keuangan dan umum yang populasi dan sampelnya ditentukan berdasarkan karakteristik dan sampel yang dipilih harus dapat menggambarkan keadaan sebenarnya atau memenuhi (repsentatif) yang terdiri dari 4 bagian yaitu Akuntansi, Keuangan, Umum dan Sistem sejumlah 41 responden dengan menggunakan rumus slovin dalam penentuan sampel.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, variabel yang digunakan adalah peraturan pemerintah nomor 71 tahun 2010, sistem informasi manajemen keuangan daerah. Analisa data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan aplikasi program SPSS 22.

Hasil analisis menunjukkan bahwa peraturan pemerintah nomor 71 tahun 2010, sistem informasi manajemen keuangan daerah secara simultan berpengaruh singnifikan terhadap kualitas laporan keuangan namun secara parsial PP nomor 71 tahun 2010 berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kualitas laporan keuangan, dan sistem informasi manajemen keuangan daerah (SIMDA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pada pemerintah daerah Provinsi Sulawesi Tengah.

Kata Kunci : PP Nomor 71 Tahun 2010, Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah (SIMDA), Kualitas Laporan Keuangan


Ketersediaan

2016031112SKR - AKT 131 2020Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 131 2020
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
191 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2016031112
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya