No image available for this title

Skripsi

Pengaruh ukuran perusahaan dan profitabilitas perusahaan terhadap penghindaran pajak (perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2015-2019)



Pembimbing : Soeprijadi

Abstrak:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan dan profitabilitas perusahaan terhadap penghindaran pajak. Variabel independen yang digunakan adalah ukuran perusahaan dan profitabilitas perusahaan. Variabel dependen yang digunakan adalah penghindaran pajak.

Populasi dalam penelitian adalah perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2015-2019. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling dengan sampel sebanyak 18 perusahaan selama periode pengamatan 5 tahun berturut-turut sehingga total sampel 90. Metode analisis penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi Eviews 9.0.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan profitabilitas perusahaan berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak. Hasil koefisien determinasi menunjukkan sebesar 9,63%. Hasil tersebut menandakan kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen, sementara 90,37 % dijelaskan oleh variabel lain.

Kata Kunci: Ukuran Perusahaan, Profitabilitas Perusahaan, Penghindaran Pajak.


Ketersediaan

2016031126SKR - AKT 126 2020Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 126 2020
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
91 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2016031126
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya