No image available for this title

Skripsi

Pengaruh corporate social responsibility (CSR disclouser), profitabilitas dan leverage terhadap manajemen laba (studi kasus pada perusahaan manufaktur sub sektor rokok dan farmasi yang terdaftar di BEI tahun 2015-2018



Pembimbing : Wan Maraden Sinaga

Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris apakah corporate social responbility, profitabilitas, dan leverage berpengaruh terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur subsektor rokok dan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015 -2018.

Dalam penelitian ini digunakan data sekunder. Sampel penelitian ini adalah perusahan manufaktur subsektor rokok dan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015 – 2018 dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Terdapat 10 perusahaan yang memenuhi kriteria-kriteria sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Variabel penelitian yang digunakan adalah Corporate Social Responbility, Profitabilitas, dan Leverage. Uji yang digunakan uji chow, uji hausman, uji lagrange multiplier, uji analis regresi data panel, uji normalitas, uji multikolonearitas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi, uji analisis regresi berganda, uji parsial (uji t), uji simultan (uji f) dan uji determinasi (Uji R2).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel corporate social responbility (csr) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap manajemen laba, sedangkan profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba, dan untuk leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen laba.

Kata Kunci : Corporate Social Responbility (CSR), Profitabilitas, Leverage, Manajemen Laba


Ketersediaan

2016031005SKR - AKT 125 2020Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 125 2020
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
104 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2016031005
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya