No image available for this title

Skripsi

Pengaruh profitabilitas, kepemilikan institusional, kebijakan utang dan ukuran perusahaan terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019



Pembimbing : Tikkos Sitanggang

Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemilikan institusional, kebijakan utang, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015 - 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah 64 perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia. Pemilihan sampel ditentukan secara purposive sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 12 perusahaan. Teknik analisis data dimulai dengan uji statistik deskriptif, kemudian dilanjutkan dengan analisis regresi data panel, selanjutnya pemilihan teknik model estimasi data panel, uji asumsi klasik yang terdiri uji normalitas regresi, uji multikoliniaritas, uji autokorelasi, serta uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis menggunakan regresi linear berganda, uji signifikasi regresi parsial (uji t), uji signifikasi regresi berganda (uji f), serta uji koefisien determinasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan institusional, kebijakan utang, profitabilitas, dan ukuran perusahaan secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kebijakan dividen. Nilai adjusted R-Square sebesar 0,94572, artinya besarnya koefisien determinasi sebesar 0,94572 hal ini menyatakan bahwa variabel independen menjelaskan variabel dependen sebesar 98.9713%. Dan sisanya 1.4618% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Kata Kunci: Kebijakan Dividen, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Utang, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan.


Ketersediaan

2016031142SKR - AKT 104 2020Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 104 2020
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
95 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2016031142
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya