No image available for this title

Skripsi

Pengaruh kesadaran wajib pajak, pemahaman e-filing terhadap kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Jakarta Timur



Pembimbing : Pandu Haryanto

Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah kesadaran wajib pajak, pemahaman e-Filing, dan pembayaran e-Billing berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Jakarta Timur.

Dalam Penelitian ini digunakan data primer, sampel pada penelitian ini adalah wajib pajak di KPP Pratama Jakarta Timur. Dengan menggunakan purposive sampling. Terdapat 105 wajib pajak yang memenuhi kriteria yang dapat digunakan sebagai sampel penelitian. Variabel independen penelitian yang digunakan adalah kesadaran wajib pajak, pemahaman e-Filing, dan pembayaran e-Billing, sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah kepatuhan wajib pajak.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kesadaran Wajib Pajak, Pemahaman e-Filing, dan Pembayaran e-Billing secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Jakarta Timur.

Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan pada tabel F, diketahui bahwa HO ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan. Saran terhadap wajib pajak diharapkan dapat terus aktif belajar perpajakan agar pemahaman mengenai sistem peraturan perpajakan semakin meningkat dan terwujudnya pelaksanaan self assessment system yang lebih baik.

Kata Kunci : Kepatuhan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Pemahaman e-Filing, dan Pembayaran e-Billing


Ketersediaan

2016031120Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 100 2020
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
135 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2016031120
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya