No image available for this title

Skripsi

Pengaruh modernisasi sistem administrasi perpajakan, tarif pajak, pemahaman peraturan perpajakan dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM (studi empiris UMKM di wilayah Jakarta Pusat)



Pembimbing : Pandu Haryanto

Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris apakah modernisasi sistem administrasi perpajakan, tarif pajak, pemahaman peraturan perpajakan dan sanksi pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM.

Dalam penelitian ini digunakan data primer. Sampel penelitian ini adalah para pelaku UMKM yang berada di wilayah Jakarta Pusat dengan menggunakan insidental sampling. Terdapat 101 UMKM yang memenuhi kriteria-kriteria sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Variabel independen yang digunakan pada penelitian ini adalah modernisasi sistem administrasi perpajakan, tarif pajak, pemahaman peraturan perpajakan dan sanksi pajak. Sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah kepatuhan wajib pajak UMKM. Metode yang digunakan yaitu regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS 24.0.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel modernisasi sistem administrasi perpajakan, tarif pajak, pemahaman peraturan perpajakan dan sanksi pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 55,9% memberi pengaruh. Sedangkan sisanya 44,1% adalah pengaruh dari variabel yang tidak diamati.

Kesimpulan dari penelitian ini berdasar pada tabel F, diketahui bahwa HO ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan. Saran terhadap wajib pajak agar bisa memahami tentang perpajakan dan mematuhi Undang-Undang Perpajakan.

Kata Kunci: Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan, Tarif Pajak, Pemahaman Peraturan Perpajakan Dan Sanksi Pajak.


Ketersediaan

2016031122SKR - AKT 80 2020Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 80 2020
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
133 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2016031122
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya