No image available for this title

Skripsi

Pengaruh rasio keuangan dan dividen terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi dan sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018



Pembimbing : Henni Handari

Abstrak:
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio keuangan dan kebijakan dividen terhadap pertumbuhan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 109 perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi dan sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2018. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 30 perusahaan. Yang menjadi variabel independen dalam penelitian ini adalah rasio keuangan (Current Ratio, Debt to Asset Ratio, Total Asset Turnover, dan Net Profit Margin) dan kebijakan dividen (Dividend Payout Ratio), sedangkan variabel dependen adalah pertumbuhan laba.

Penelitian ini menggunakan uji statistik deskripti, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas) dan uji hipotesis (uji t, uji F dan uji koefisien determinasi) dengan menggunakan eviews 10. Secara parsial (uji t) variabel Total Asset Turnover, dan Net Profit Margin berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan laba, Debt to Asset Ratio dan Dividend Payout Ratio berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan laba, sedangkan Current Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba. Secara simultan (uji f) hasil penelitian menununjukkan bahwa Current Ratio, Debt to Asset Ratio, Total Asset Turnover, Net Profit Margin dan Dividend Payout Ratio berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba.

Kata Kunci : Current Ratio, Debt to Asset Ratio, Total Asset Turnover, Net Profit Margin dan Dividend Payout Ratio, Pertumbuhan Laba.


Ketersediaan

2016031009SKR - AKT 62 2020Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 62 2020
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
105 hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2016031009
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya