No image available for this title

Skripsi

Pengaruh perubahan piutang usaha, persedian dan laba bersih terhadap arus kas masa depan perusahaan manufaktur sektor industri dasaar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018



Pembimbing : Pandu Haryanto

Abstrak:
Tujuan utama perusahaan adalah untuk meningkatkan kemakmuran pemilik dan pemegang saham perusahaan. Tingkat kemakmuran perusahaan dapat dilihat dari arus kas masa depan perusahaan, semakin tinggi nilai arus kas masa depan maka semakin terjamin kemakmuran pemilik dan pemegang saham di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor – faktor yang dapat mempengaruhi arus kas masa depan. Faktor yang diuji merupakan perubahan piutang usaha, perubahan persediaan, dan laba bersih.

Penelitian ini menggunakan data sekunder dari 23 sampel laporan keuangan perusahaan industri dasar dan kimia. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Uji asumsi klasik dalam penelitian ini meliputi uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Analisis data menggunakan uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Analisis data menggunakan eviews 10.0.

Hasil penelitian menunjukan bahwa uji t (parsial) bahwa variabel perubahan piutang usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap arus kas masa depan. Variabel perubahan persediaan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap arus kas masa depan. Variabel laba bersih berpengaruh positif dan signifikan terhadap arus kas masa depan. Hasil penelitian secara simultan (uji f) Berdasarkan hasil analisis regresi data panel uji F ditunjukkan oleh nilai Prob(F-statistic) 0,044662 atau lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Perubahan Piutang Usaha, Perubahan Persediaan dan Laba Bersih secara bersama-sama mampu memprediksi Arus Kas di Masa Depan.

Kata kunci : Perubahan Piutang Usaha, Perubahan Persediaan, Laba Bersih.


Ketersediaan

2016031066SKR - AKT 56 2020Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 56 2020
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
71 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2016031066
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya