No image available for this title

Skripsi

Analisis determinan yang mempengaruhi kecurangan pada laporan keuangan dalam perspektif fraud triangle (studi empiris pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2019)



Pembimbing : Wiwik Pratiwi

Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya kecurangan pada laporan keuangan yang disebabkan oleh pressure, opportunity, dan rationalization yang diproksikan dengan variabel financial stability, financial target, effective monitoring, dan auditor change.

Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan populasi 40 perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan syarat tidak mengalami delisting dan menyediakan laporan keuangan per 31 Desember selama periode penelitian, kemudian didapatkan hasil 20 perusahaan. Pengolahan data menggunakan program Eviews 9.0 dengan metode regresi linear berganda, analisis stastistik deskriptif, dan uji hipotesis.

Berdasarkan simpulan penelitian, variabel financial target dan effective monitoring berpengaruh positif signifikan terhadap kecurangan laporan keuangan, sedangakn financial stability dan auditor change tidak berpengaruh signifikan terhadap kecurangan laporan keuangan. Secara simultan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel financial stability, financial target, effective monitoring, dan auditor change berpengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan.

Kata Kunci: Kecurangan laporan keuangan, Financial Stability, Financial Target, Effective Monitoring, dan Auditor Change


Ketersediaan

2017131022SKR - AKT 32 2020Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 32 2020
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
110 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2017131022
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya