No image available for this title

Tesis

Pengaruh likuiditas, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan struktur modal sebagai variabel intervening (studi empiris pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018)



Pembimbing : Reschiwati & Aang Syahdina
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh likuiditas, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan struktur modal sebagai variabel intervening. Variabel independen dalam penelitian ini adalah likuiditas, profitabilitas dan ukuran perusahaan dan variabel dependennya adalah nilai perusahaan, serta variabel interveningnya adalah struktur modal.

Penelitian ini menggunakan laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah 59 perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, yaitu berdasarkan kriteria yang ada sehingga diperoleh sampel 15 perusahaan perbankan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian menggunakan bantuan program Eviews 8.0, tehnik analisis data dimulai dari uji statistik deskriptif, kemudian dilanjutkan dengan uji asumsi klasik, setelah itu analisis regresi linier berganda data panel dan analisis jalur.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas, profitabilitas dan ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. Likuditas, profitabilitas dan ukuran perusahaan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. Likuiditas, ukuran perusahaan dan struktur modal berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Likuiditas, profitabilitas, ukuran perusahaan dan struktur modal secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Struktur modal bukan merupakan mediator pengaruh likuditas dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan, sedangkan struktur modal merupakan mediator pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan.

Kata Kunci : Likuiditas, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Nilai Perusahaan


Ketersediaan

1760030003TES 262 2019Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TES 262 2019
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
219 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1760030003
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya