No image available for this title

Skripsi

Pengaruh profitabilitas dan corporate governance terhadap penghindaran pajak pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2017



Pembimbing : Wiwik Pratiwi
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji bukti secara empiris apakah profitabilitas dan corporate governance berpengaruh terhadap penghindaran pajak pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015 – 2017.

Dalam penelitian ini menggunakan data sekunder. Sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015 – 2017 dengan menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 20 perusahaan yang memenuhi kriteria-kriteria sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Variabel independen penelitian yang digunakan adalah profitabilitas yang diproksikan dengan return on asset dan corporate governance yang diproksikan dengan kepemilikan institusional, komisaris independen dan komite audit sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah penghindaran pajak. Uji yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan data time-series dan cross section dan menggunakan software Eviews 9.0.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas, kepemilikan institusional, komisaris independen dan komite audit berpengaruh secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap penghindaran pajak. Nilai adjusted R-Square sebesar 45,11%, artinya besarnya koefisien determinasi sebesar 45,11% hal ini menyatakan bahwa variabel independen menjelaskan variabel dependen sebesar 45,11%. Dan sisanya 54,89% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Kata Kunci: Profitabilitas, Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, Komite Audit, Penghindaran Pajak.


Ketersediaan

2015031265SKR - AKT 196 19Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 196 19
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
99 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2015031265
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya