No image available for this title

Skripsi

Pengaruh good corporate governance, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap manajemen laba pada perusahaan yang terdaftar dalam indeks idx30 di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2017



Pembimbing : Wiwik Pratiwi
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh mekanisme good corporate governance yang terdiri dari dewan komisaris independen, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komite audit dan juga pengaruh ukuran perusahaan serta profitabilitas terhadap manajemen laba yang dihitung dengan menggunakan disrectionary accruals model Jones modifikasi pada perusahaan yang terdaftar dalam indeks IDX30 di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2017.

Dalam penelitian ini digunakan data sekunder. Sampel penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar dalam indeks IDX30 di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2017 dengan menggunakan metode purposive sampling terdapat 13 perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel dewan komisaris independen dan komite audit berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba. Variabel ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh negatif signifikan terhadap manajemen laba. Sedangkan, variabel kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Secara simultan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel dewan komisaris independen, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komite audit, ukuran perusahaan, dan profitabilitas berpengaruh terhadap manajemen laba.

Kata Kunci : Manajemen laba, Dewan Komisaris Independen, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Komite Audit, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas


Ketersediaan

2015031183SKR - AKT 179 19Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 179 19
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
117 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2015031183
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya