No image available for this title

Skripsi

Pengaruh karakter eksekutif, ukuran perusahaan dan tata kelola perusahaan terhadap penghindaran pajak (studi empiris pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI 2015-2018)



Pembimbing : Elon Manurung
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakter eksekutif, ukuran perusahaan, dan tata kelola perusahaan yang di proksikan dengan (kepemilikan institusional, dan komite audit) secara simultan maupun parsial terhadap penghindaran pajak pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2018. Dalam penelitian ini menggunakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 53 perusahaan. Sampel penelitian ini adalah sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2018 dengan menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 16 perusahaan yang memenuhi kriteria-kriteria sebagai sampel penelitian. Uji yang digunakan adalah analisis regresi data panel yang menggabungkan data cross section dan time series. Data diolah dengan menggunakan aplikasi program Eviews 8.

Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial karakter eksekutif berpengaruh negatif signifikan terhadap penghindaran pajak, ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap penghindaran pajak, tata kelola perusahaan dengan proksi kepemilikan institusional berpengaruh positif signifikan terhadap penghindaran pajak, dan tata kelola perusahaan dengan proksi komite audit berpengaruh positif signifikan terhadap penghindaran pajak. Sementara itu secara simultan, karakter eksekutif, ukuran perusahaan, tata kelola perusahaan dengan proksi kepemilikan institusional, dan tata kelola perusahaan dengan proksi komite audit berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan ada pengaruh yang signifikan sebesar 19.49% dan sisanya 80.51% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Kata Kunci: Karakter Eksekutif, Ukuran Perusahaan, Tata Kelola Perusahaan dengan Proksi Kepemilikan Institusional, dan Tata Kelola Perusahaan dengan Proksi Komite Audit


Ketersediaan

2015031232SKR - AKT 164 19Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 164 19
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
146 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2015031232
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya