No image available for this title

Skripsi

Analisis ketepatan pemilihan model altman z-score, springate dan zmijewski dalam memprediksi kebangkrutan pada perusahaan manufaktur food and beverage yang terdaftar di BEI (2015-2018)



Pembimbing : Wiwik Pratiwi
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil prediksi antara 3 model yaitu Model Z-Score Altman, Springate dan Zmijewski pada perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2018. Dalam penelitian ini digunakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan purposive sampling. Jumlah sample 15 perusahaan yang memenuhi kriteria. Penelitian ini tergolong dalam penelitian komparatif. Metode analisis yang digunakan adalah analisis uji beda Paired Sample Test pada program spss, statistik deskriptif dan keakuratan dan type eror.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Model Prediksi yang paling tepat digunakan pada perusahaan food and beverage yang terdaftar di BEI (2015-2018) adalah model Altman Z-Score karena model Altman Z-Score dapat memprediksi banyaknya perusahaan yang berpotensi akan mengalami kebangkrutan . Perusahaan tersebut adalah perusahaan dengan kode saham BUDI, ALTO dan MGNA. Sedangkan 8 sampel lain mendapat skor rata-rata antara 1,23 – 2,99 yang berati perusahaan berada pada posisi grey area perusahaan tersebut adalah dengan kode saham INDF, ICBP, MYOR, ROTI, SKBM, SKLT, STTP, ADES. Sisanya terdapat 4 perusahaan dengan nilai skor diatas 2,99 yaitu perusahaan dengan kode saham BUDI, DLTA, MLBI, ULTJ, dan CEKA.

Kata Kunci : model Altman Z-Score, model Springate, model Zmjewski.


Ketersediaan

2015031261SKR - AKT 149 2019Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 149 2019
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
64 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2015031261
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya