No image available for this title

Skripsi

Pengaruh pajak daerah, retribusi daerah dan dana bagi hasil terhadap alokasi belanja modal pemerintah provinsi di Indonesia



Pembimbing : Christiano Lambogia
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara apakah pajak daerah, retribusi daerah, dan dana bagi hasil berpengaruh terhadap alokasi belanja modal pada pemerintah provinsi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemerintah provinsi di Indonesia. Pengambilan sampel menggunakkan metode purposive sampling. Terdapat 32 pemerintah provinsi yang memenuhi kriteria-kriteria sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakkan metode kuantitatif. Teknik analisis data menggunakkan analisis regresi linear berganda dengan aplikasi Eviews 9.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pajak daerah mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap alokasi belanja modal, variabel retribusi daerah mempunyai pengaruh negatif signifikan terhadap alokasi belanja modal, sedangkan dana bagi hasil mempunyai pengaruh positif tidak signifikan terhadap alokasi belanja modal. Secara simultan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pajak daerah, retribusi daerah dan dana bagi hasil memiliki pengaruh yang signifikan terhadap alokasi belanja modal. Nilai adjusted R-Square sebesar 0.964828, hal ini menyatakan bahwa variabel independen menjelaskan variabel dependen sebesar 96,4828%, sisanya 3.5172% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model regresi dalam penelitian ini seperti dana alokasi umum dan dana alokasi khusus.

Kata Kunci : Alokasi belanja modal, pajak daerah, retribusi daerah dan dana bagi hasil.


Ketersediaan

2015031288SKR - AKT 148 2019Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 148 2019
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
107 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2015031288
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya