No image available for this title

Skripsi

Pengaruh efektivitas pengendalian biaya dan tingkat perputaran modal kerja terhadap rentabilitas ekonomi pada perusahaan rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2018.



Pembimbing : Ali Munar

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris apakah efektivitas pengendalian biaya dan tingkat perputaran modal kerja berpengaruh terhadap rentabilitas ekonomi pada perusahaan rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2018.

Dalam penelitian ini digunakan data sekunder. Sampel penelitian ini adalah perusahaan rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2018 dengan menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 4 perusahaan yang memenuhi kriteria-kriteria sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Variabel penelitian yang digunakan adalah efektivitas pengendalian biaya dan tingkat perputaran modal kerja. Uji yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan model random effect untuk menguji hipotesis dengan bantuan program Eviews-9.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial (uji t) efektivitas pengendalian biaya berpengaruh negatif signifikan terhadap rentabilitas ekonomi sedangkan tingkat perputaran modal kerja berpengaruh negatif signifikan terhadap rentabilitas ekonomi. Secara simultan (uji f) efektivitas pengendalian biaya dan tingkat perputaran modal kerja berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap rentabilitas ekonomi. Koefisien determinasi variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependennya sebesar 13,03%. Sedangkan sisanya 86,97% dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata Kunci: Efektivitas Pengendalian Biaya, Tingkat Perputaran Modal Kerja dan Rentabilitas Ekonomi



Ketersediaan

2015021105SKR - MNJ 51 2019Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - MNJ 51 2019
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
82 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2015021105
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya