No image available for this title

Skripsi

Pengaruh profitabilitas, financial leverage dan kepemilikan publik terhadap perataan laba (studi empiris pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2018)



Pembimbing : Henni Handari
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, financial leverage dan kepemilikan publik secara parsial maupun simultan terhadap perataan laba pada perusahaan manufaktur sector industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI tahun 2015 – 2018.

Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yaitu metode penentuan jumlah sampel yang dipilih secara acak berdasarkan kriteria-kriteria. Selama tahun 2015 – 2018 diperoleh 28 perusahaan yang menjadi sampel yang memenuhi kriteria dalam penelitian ini. Dengan menggunakan bantuan program Eviews 9.0, teknik analisis data dimulai dari uji statistik deskriptif, kemudian dilanjutkan dengan analisis regresi logistik, setelah itu uji Hosmer dan Lemeshow’s Goodness of fit test dan terakhir uji hipotesis.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perataan laba, financial leverage secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap perataan laba, dan kepemilikan publik secara parsial berpengaruh negative dan tidak signifikan terhadap perataan laba. Profitabilitas, Financial Leverage dan Kepemilikan Publik secara simultan berpengaruh terhadap perataan laba serta dapat menjelaskan perataan laba sebesar 11,13% sedangkan sisanya sebesar 88,87% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti Debt to Asset ratio, Net Profit Margin, Ukuran Perusahaan, Nilai Saham , dan masih banyak variabel lainnya.

Kata Kunci: perataan laba , profitabilitas , financial leverage, kepemilikan publik


Ketersediaan

2015031025SKR - AKT 86 2019Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 86 2019
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
78 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2015031025
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya