No image available for this title

Skripsi

Pengaruh pemahaman perpajakan, tarif pajak, sanksi pajak dan tingkat kepercayaan pada sistem pemerintahan terhadap kepatuhan wajib pajak umkm



Pembimbing : Nuzulul Hidayati
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris apakah pemahaman perpajakan, tarif pajak, sanksi pajak, dan tingkat kepercayaan pada sistem pemerintahan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM.

Dalam penelitian ini digunakan data primer. Sampel penelitian ini adalah para pelaku UMKM yang berada di Jakarta Pusat dengan menggunakan insidental sampling. Terdapat 79 UMKM yang memenuhi kriteria-kriteria sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Variabel independen yang digunakan pada penelitian ini adalah pemahaman perpajakan, tarif pajak, sanksi pajak, dan tingkat kepercayaan pada sistem pemerintahan. Sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah kepatuhan wajib pajak UMKM. Metode yang digunakan yaitu regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS 24.0.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pemahaman perpajakan, tarif pajak, sanksi pajak, dan tingkat kepercayaan pada sistem pemerintahan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 68,8% memberi pengaruh. Sedangkan sisanya 31,2% adalah pengaruh dari variabel yang tidak diamati.

Kesimpulan dari penelitian ini berdasar pada tabel F, diketahui bahwa HO ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan. Saran terhadap wajib pajak agar bisa memahami tentang perpajakan dan mematuhi Undang-Undang Perpajakan.

Kata Kunci:Pemahaman Perpajakan, Tarif Pajak, Sanksi Pajak, Tingkat Kepercayaan pada Sistem Pemerintahan, dan Kepatuhan Wajib Pajak UMKM


Ketersediaan

2015031184SKR - AKT 85 2019Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 85 2019
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
137 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2015031184
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya