No image available for this title

Skripsi

Pengaruh due professional care, locus of control dan independensi auditor terhadap kualitas audit (studi empiris pada kantor akuntan publik di Jakarta Pusat)



Pembimbing : Amin Wijaya Tunggal
Abstrak
Pada hakikatnya setiap perusahaan baik itu dibidang jasa maupun manufacturing menginginkan atas laporan keuangan sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang berlaku, untuk mengetahui apakah laporan keuangan tersebut disajikan secara wajar, bebas dari salah saji material, dan dapat dipercaya kebenarannya. Maka, dibutuhkan seorang auditor dengan tingkat due professional care, locus of control, dan independensi auditor yang baik untuk mencapai kualitas audit yang tinggi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh due professional care, locus of control, dan independensi auditor terhadap kualitas audit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif, dengan jumlah populasi sebanyak 96 KAP (Kantor Akuntan Publik) yang berada di wilayah Jakarta Pusat dan sebanyak 24 KAP (Kantor Akuntan Publik) yang menjadi sampel, dengan teknik pengambilan sampel convenience nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 118.

Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS versi 24.0. Hipotesis pertama diperoleh nilai thitung 3,027 > ttabel 1,98063 dengan nilai signifikansi 0,03 < 0,05 sehingga H1 diterima, H0 ditolak artinya Due Professional Care (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Audit (Y), hipotesis kedua diperoleh nilai thitung 2,313 > ttabel 1,98063 dengan nilai signifikansi 0,023 < 0,05 sehingga H2 diterima, H0 ditolak artinya bahwa Locus of Control (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Audit (Y), hipotesis ketiga diperoleh nilai thitung 5,652 > ttabel 1,98063 dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga H3 diterima, H0 ditolak artinya bahwa Independensi Auditor (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Audit (Y), hipotesis keempat Fhitung 19,638 > Ftabel 2,68 dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga H4 diterima, H0 ditolak artinya secara bersama – sama Due Professional Care (X1), Locus of Control (X2) dan Independensi Auditor (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap Kualitas Audit (Y).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Due Professional Care, Locus of Control dan Independensi Auditor berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Audit.

Kata kunci : Due Professional Care, Locus of Control, Independensi Auditor, Kualitas Audit.


Ketersediaan

2015031066SKR - AKT 71 2019Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 71 2019
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
155 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2015031066
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya