No image available for this title

Skripsi

Pengaruh net profit margin, current ratio dan debt to equity ratio terhadap harga saham pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2018



Pembimbing : Henni Handari
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Net Profit Margin (NPM), Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap harga saham pada perusahaan makanan dan minuman di Indonesia. Harga saham sebagai variabel dependen didefinisikan sebagai pembagian antara modal perusahaan dan jumlah saham yang diterbitkan. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Net Profit Margin (NPM), Current Ratio (CR), dan Debt to Equity Ratio (DER).

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam periode tahun 2015-2018. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 12 perusahaan yang diambil melalui purposive sampling. Metode analisis penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan alat pengolah data Eviews 9. Teknik analisis yang digunakan antara lain: Statistik Deskriptif (Mean, Median, Standar Deviasi, Minimum, dan Maksimum); Analisis Model Regresi Data Panel (Common Effect Model, Fixed Effect Model, dan Random Effect Model); Pemilihan Model Estimasi Data Panel (Uji Chow, Uji Lagrange Multiplier, dan Uji Hausman); Uji Asumsi Klasik (Uji Multikolinearitas, dan Uji Heteroskedastisitas); Pengujian Hipotesis (Uji Parsial, Uji Simultan, dan Koefisien Determinasi).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Net Profit Margin (NPM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham, Current Ratio (CR) berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap harga saham, dan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap harga saham; sedangkan Net Profit Margin (NPM), Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham.

Kata Kunci : Harga Saham, Net Profit Margin (NPM), Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER).


Ketersediaan

2015031031SKR - AKT 65 2019Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 65 2019
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
84 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2015031031
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya