No image available for this title

Skripsi

Pengaruh pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan dan perputaran kas terhadap return of asset pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2017



Pembimbing : Soeprijadi
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi profitabilitas perusahaan secara parsial dan simultan pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2017. Dimana variabel independen terdiri dari : Pertumbuhan Penjualan (Growth), Ukuran Perusahaan (Size) dan Perputaran Kas (CT)dan variabel dependen adalah Return On Assets (ROA).

Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Populasi penelitian sebanyak 23 perusahaan dan sampel yang diteliti hanya 12 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi data panel, uji t, uji F,dan juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji multikolinearitas dan uji heterokedastisitas dengan menggunakan program Eviews 9.

Berdasarkan uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas, tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik. Hal ini menunjukan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk menggunakan model persamaan regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial (X1) Pertumbuhan Penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA, (X2) Ukuran Perusahaan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap ROA, (X3) Perputaran Kas berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap ROA. Secara simultan, pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan, perputaran kas berpengaruh signifikan terhadap ROA. Hal ini dibuktikan dengan nilai prob (F-statistic) lebih kecil dari 0,05. Besarnya koefisien determinasi (adjusted R-Square) sebesar 0.822704. Artinya sebesar 82,2704 % ROA dapat dijelaskan oleh pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan dan perputaran kas sedangkan sisanya yaitu 17,7296% dijelaskan oleh variabel lain diluar daripada penelitian ini.

Kata kunci : Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Perputaran Kas, Return On Assets (ROA).


Ketersediaan

2015031006SKR - AKT 59 2019Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 59 2019
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
88 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2015031006
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya