No image available for this title

Skripsi

Pengaruh pemahaman wajib pajak, sanksi pajak dan kesadaran wajib pajak yang melakukan kegiatan e-commerce di Jakarta Selatan terhadap kepatuhan wajib pajak atas transaksi e-commerce



Pembimbing : Soeprijadi
Abstrak
Perkembangan dunia internet memunculkan inovasi untuk mengalihkan kegiatan dunia nyata ke dalam dunia internet, salah satunya adalah kegiatan ekonomi. Jumlah pengguna internet di Indonesia menunjukkan potensi pasar dan munculnya berbagai peluang bisnis baru, salah satunya adalah bisnis e-commerce. Potensi pajak dari kegiatan e-commerce ini dinilai tinggi. Sehingga hal tersebut menjadi perhatian bagi pemerintah untuk mulai mengatur perpajakan dari transaksi e-commerce. Upaya untuk meningkatkan penerimaan negara mempunyai banyak kendala, antara lain tingkat pemahaman wajib pajak, sanksi pajak, dan kesadaran wajib pajak yang dapat berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak pelaku e-commerce.

Berdasarkan jenis data yang diteliti, penelitian ini yang digunakan adalah penelitian opini atau pendapat orang (responden). Responden dalam penelitian ini adalah pelaku e-commerce yang melakukan bisnis online pada marketplace Zilingo Indonesia dan Zalora yang berada di wilayah Jakarta Selatan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, variabel Pemahaman Wajib Pajak (X1), Sanksi Pajak (X2), dan Kesadaran Wajib Pajak (X3) berpengaruh secara simultan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Y). Namun, secara parsial variabel Kesadaran Wajib Pajak (X3) tidak berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak.

Keyword: Pemahaman Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, dan Kepatuhan Wajib Pajak


Ketersediaan

2015031071SKR - AKT 55 2019Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 55 2019
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
121 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2015031071
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya