No image available for this title

Skripsi

Pengaruh pendapatan premi, beban klaim dan risk based capital terhadap laba pada perusahaan asuransi jiwa yang terdaftar di otoritas jasa keuangan periode 2013-2017.



Pembimbing: Agus Kusworo

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris apakah pendapatan premi, beban klaim dan risk based capital berpengaruh terhadap laba perusahaan asuransi jiwa yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Indonesia periode 2013-2017.

Dalam penelitian ini digunakan data sekunder. Sampel penelitian ini adalah perusahaan asuransi jiwa yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Indonesia periode 2013-2017 dengan menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 11 perusahaan asuransi jiwa yang memenuhi kriteria-kriteria sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Variabel penelitian yang digunakan adalah pendapatan premi, beban klaim dan risk based capital. Uji yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan data panel dan menggunakan aplikasi program Eviews 8.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Pendapatan Premi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Laba perusahaan asuransi jiwa, Beban Klaim tidak berpengaruh tidak signifikan dan Risk Based Capital tidak berpengaruh tidak signifikan terhadap Laba perusahaan asuransi jiwa. Secara simultan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Pendapatan Premi, Beban Klaim dan Risk Based Capital tidak berpengaruh signifikan terhadap Laba perusahaan asuransi jiwa. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan tidak ada pengaruh yang signifikan sebesar 95,74% dan sisanya 4,26% dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata Kunci : Pendapatan Premi, Beban Klaim, Risk Based Capital, Laba.


Ketersediaan

2015021144SKR - MNJ 42 2019Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - MNJ 42 2019
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
89 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2015021144
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya