No image available for this title

Skripsi

Pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017.



Pembimbing : Zainal Arifin

Abstrak
Perusahaan dalam sektor makanan dan minuman saat ini merupakan perusahaan dengan saham yang mengalami pertumbuhan yang positif. Perusahaan makanan dan minuman merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan produk kemudian dijual guna memperoleh keuntungan yang besar. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan manajemen dengan tingkat efektifitas yang tinggi. Pengukuran tingkat efektifitas manajemen yang ditunjukkan oleh laba yang dihasilkan dari penjualan dan dari pendapatan investasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan, yang dapat dinilai dari profitabilitas dan ukuran perusahaan.

Penelitian ini menggunakan data sekunder dari 7 sampel laporan keuangan perusahaan makanan dan minuman dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Uji asumsi klasik dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, multikolinieritas, dan uji heterokedastisitas. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi. Analisis data menggunakan eviews 9.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial (uji t) variabel profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan dan variabel ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia (BEI), hasil penelitian secara simultan (uji f) menunjukkan pengaruh yang signifikan dari profitabilitas dan ukuran perusahaan pada nilai perusahaan di perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Kata Kunci : Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan


Ketersediaan

2015021026SKR - MNJ 37 2019Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - MNJ 37 2019
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
94 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2015021026
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya