No image available for this title

Skripsi

Pengaruh leverage , profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap corporate social responsibility pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia



Pembimbing : Roosdiana
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris apakah leverage, profitabiltas, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu leverage, profitabilitas, dan ukuran perusahaan, dan variabel terikat yaitu corporate social responsibility. Sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2012-2015 dengan menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 24 perusahaan yang memenuhi kriteria-kriteria sebagai sampel penelitian. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data sekunder. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji regresi linear berganda. Sebelum dilakukan uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji statistik deskriptif, uji regresi data panel, pemilihan teknik model estimasi data panel, dan uji asumsi klasik. Pengujian dilakukan menggunakan aplikasi program Eviews 9.5.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel leverage dan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility, sedangkan variabel profitabilitas berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Secara simultan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel leverage, profitabilitas, dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility.

Kata kunci: corporate social responsibility, leverage, profitabilitas, dan ukuran perusahaan


Ketersediaan

2015131050SKR - AKT 210 2017Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 210 2017
Penerbit STIE YAI : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
87 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2015131050
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya