No image available for this title

Skripsi

Pengaruh perubahan kurs dan inflasi terhadap eksposur ekonomi (studi empiris pada perusahaan rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2017)



Pembimbing : Ida Musdafia Ibrahim
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis eksposur ekonomi dan faktor-faktor yang mempengaruhi eksposur ekonomi yang tercermin dari arus kas melalui kurs dan Inflasi dengan menggunakan alat analisis yaitu metode Ordinary Least Square. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data sekunder. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan industri rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode penelitian dari tahun 2008 sampai 2017. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria pengambilan sampel terdapat 3 perusahaan yang memenuhi kriteria pengambilan sampel.

Hasil penelitian menunjukan bahwa perubahan kurs secara parsial memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap arus kas, dan inflasi secara parsial memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap arus kas . Secara simultan, variabel perubahan kurs dan inflasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap arus kas yang merupakan indikator eksposur ekonomi. Hasil tersebut dikarenakan tingkat ekspor/impor yang rendah, sehingga risiko nilai tukar juga rendah dan kecenderungan konsumen rokok yang akan tetap membeli rokok meskipun dalam keadaan harga meningkat menyebabkan kenaikan inflasi tidak banyak berpengaruh pada arus kas pada perusahaan industri rokok.

Kata kunci: Eksposur Ekonomi, Kurs, dan Inflasi


Ketersediaan

2014021038SKR - MNJ 30 2018Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - MNJ 30 2018
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
144 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2014021038
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya