No image available for this title

Skripsi

Penggunaan laba dan arus kas untuk memprediksi kondisi financial distress (studi empiris pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2015-2017)



Pembimbing : Henni Handari

Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh laba dan arus kas terhadap prediksi probabilitas kondisi financial distress pada seluruh perusahaan kecuali industri perbankan.

Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan periode tahun 2014 sampai dengan tahun 2017 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data pada tahun 2014, 2015, dan 2016 digunakan untuk memprediksikan kondisi financial distress pada 1 tahun setelahnya yaitu tahun 2015, 2016, dan 2017. Sampel penelitian terdiri dari 118 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2017. Data tersebut dianalisis dengan Uji kelayakan model (Goodness of fit) yang menunjukan bahwa EBT dan CF secara bersama-sama dapat menjelaskan terjadinya financial distress pada suatu perusahaan. Kemudian uji hipotesis dilakukan dengan model regresi logistik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa laba memiliki pengaruh yang signifikan dalam memprediksi kondisi financial distress yang terjadi pada seluruh perusahaan bukan bank. Alasan yang cukup mendasar atas diperolehnya hasil yang signifikan adalah bahwa nampaknya kondisi keuangan yang agak memprihatinkan dari suatu perusahaan, akan menjadikan sinyal atau early warning (peringatan dini) bagi perusahaan bahwa mereka dapat mengalami tekanan keuangan atau financial distress pada 1 tahun ke depan. Sementara itu, penelitian ini gagal untuk membuktikan pengaruh arus kas dalam memprediksi kondisi financial distress yang terjadi pada seluruh perusahaan bukan bank. Hal ini mengindikasikan perusahaan mempunyai arus kas yang tinggi pula. Namun, kondisi tersebut belum memberikan gambaran yang pasti mengenai kondisi perusahaan.

Kata kunci: financial distress, laba, arus kas.


Ketersediaan

2014031075SKR - AKT 95 2018Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 95 2018
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
85 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2014031075
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya