No image available for this title

Skripsi

Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi praktik perataan laba (income smoothing) pada perusahaan go public (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2013-2017)



Pembimbing : Henni Handari

Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi praktik perataan laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2017.

Dalam Penelitian ini digunakan data sekunder. Sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada kurun waktu tahun 2013 sampai dengan 2017 dengan menggunakan metode purposive judgment sampling. Terdapat 24 perusahaan yang memenuhi kriteria-kriteria sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Adapun variabel bebas yang digunakan adalah ukuran perusahaan, profitabilitas dan kepemilikan manajerial. Analisis untuk menguji pengaruh keterkaitan variable terikat dengan variabel bebas yang digunakan adalah analisis regresi logistik dengan menggunakan model logit biner dan menggunakan aplikasi program EViews 10.0.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan dan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap praktik perataan laba, sedangkan variable kepemilikan manajerial berpengaruh signifikan negatif terhadap praktik perataan laba. Secara simultan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan, profitabilitas dan kepemilikan manajerial berpengaruh terhadap praktik perataan laba.

Kata Kunci: Praktik Perataan Laba, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Kepemilikan Manajerial



Ketersediaan

2016131022SKR - AKT 90 2018Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 90 2018
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
105 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2016131022
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya