No image available for this title

Skripsi

Pengaruh sosialisasi pajak, kesadaran wajib pajak, dan tingkat pengetahuan serta pemahaman pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi



Pembimbing : Makmuri

Abstrak:
Kepatuhan wajib pajak adalah ketaatan wajib pajak untuk lebih tepat waktu dalam menyampaikan laporan SPT, menghindarkan dari segala tunggakan pajak serta taat kepada peraturan – peraturan perpajakan. Untuk meningkatkan pendapatan pajak setiap tahunnya, aparat pajak melakukan reformasi system perpajakan yaitu self assestment system yaitu system pemungutan pajak yang mengharuskan wajib pajak untuk mendaftar, menghitung, membayar dan melaporkan sendiri jumlah pajak yang terutang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan pada sosialisasi pajak, kesadaran wajib pajak dan tingkat pengetahuan serta pemahaman pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Metode pengumpulan data menggunakan data primer yang digunakan dengan metode observasi dan media angket atau kuesioner dan skala yang digunakan adalah Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi dan analisis regresi linear berganda dengan SPSS versi 24. Terdapat 3 KPP dan Sampel yang diambil adalah 60 responden dan menggunakan metode simple random sampling

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa keseluruhan dari variabel penelitian yaitu, sosialisasi pajak, kesadaran wajib pajak, dan tingkat pengetahuan serta pemahaman pajak terhadap kepatuhan wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi dengan persentase 79,8% dan sisanya 20,2% merupakan factor lain diluar variabel yang diteliti oleh peneliti.

Kata kunci : Kepatuhan Wajib Pajak, Sosialisasi Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Tingkat Pengetahuan serta Pemahaman Pajak.


Ketersediaan

2014031026SKR - AKT 80 2018Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 80 2018
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
118 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2014031026
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya