No image available for this title

Skripsi

Pengaruh pajak hiburan dan pajak restoran dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (studi empiris pada dispenda jakarta pusat provinsi dki jakarta)



Pembimbing : Makmuri

Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pajak hiburan dan pajak restoran dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) provinsi DKI Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah pajak hiburan dan pajak restoran sebagai variabel independen serta pendapatan asli daerah sebagai variabel dependen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 karyawan dispenda, 15 pengunjung tempat hiburan, dan 15 pengunjung restoran. Teknik pengambilan sampel adalah teknik purposive random sampling. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Uji coba instrument dianalisis dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penilitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan SPSS versi 24.

Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa: Pajak Hiburan berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah, dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (5,896,033 > 2,0117) dan nilai signifikansi 0,00 Ftabel (105,836 > 3,2) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai adjusted R-Square sebesar 0,710 artinya besarnya efektivitas pajak hiburan dan pajak restoran dalam meningkatkan pendapatan asli daerah provinsi DKI Jakarta sebesar 81,1% dan sisanya sebesar 18,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian, contohnya pajak penerangan jalan, pajak hotel, pajak reklame, pajak parker, pajak air tanah dan sebagainya.

Kata Kunci: Pajak Hiburan, Pajak Restoran, dan Pendapatan Asli Daerah


Ketersediaan

2013031104SKR - AKT 18 2018Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 18 2018
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
96 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2013031104
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya