No image available for this title

Skripsi

Pengaruh penerapan e-spt dan pengetahuan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada kantor pelayanan pajak pratama bekasi selatan



Pembimbing : Soeprijadi

Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan e-SPT dan pengetahuan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada kantor pelayanan pajak (KPP) pratama Bekasi Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah penerapan e-spt dan pengetahuan perpajakan sebagai variabel independen dan kepatuhan wajib pajak orang pribadi sebagai variabel dependen. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 50 Wajib Pajak Orang Pribadi pada 1 Kantor Pajak. Teknik pengambilan sampel adalah dengan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Uji coba instrumen dianalisis dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan SPSS versi 24.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan e-SPT berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi pada Kantor Pajak Pratama, dibuktikan dengan nilai thitung>ttabel (-2,033 > 2,01174) dan nilai signifikansi 0,48 Ftabel (61,082 > 3,20) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai adjusted R-Square sebesar 0,710 artinya besarnya kontribusi Penerapan e-SPT dan Pengetahuan Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bekasi Selatan sebesar 71% dan sisanya sebesar 29% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian, contohnya sanksi atau pelayanan kantor pajak terhadap wajib pajak.

Kata Kunci : Penerapan e-SPT, Pengetahuan Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi


Ketersediaan

2013031121SKR - AKT 10 2018Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 10 2018
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
98 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2013031121
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya