No image available for this title

Skripsi

Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan ukuran dewan komisaris terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2012-2015



Pembimbing : Wiwik Pratiwi
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan dan ukuran dewan komisaris terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bura Efek Indonesia (BEI) tahun 2012 – 2015 yang berjumlah 23 perusahaan. Profitabilitas diukur dari return on assets (ROA), ukuran perusahaan diukur dari total assets, dewan komisaris diukur dengan jumlah dewan komisaris, sedangkan pengungkapan Corporates Social Responsibility diukur dengan indeks CSR yang diungkapkan perusahaan dalam laporan tahunan.

Metode yang digunakan adalah purposive sampling. Jenis data adalah data sekunder yang bersumber dari laporan keuangan dan laporan tahunan . Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur dengan bantuan program SPSS versi 20. Item pengungkapan yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 79 pengungkapan yang meliputi : economic (EC), environment (EN), labor practice (LA), human tights (HR), product responsibility (PR) dan society (SO) yang berdasarkan pada (Nur, 2012).

Hasil penelitian yang diperoleh, profitabilitas terhadap pengungkapan corporate social responsibility tidak berpengaruh positif signifikan, ukuran perusahaan terhadap pengungkapan corporate social responsibility berpengaruh positif signifikan dan ukuran dewan komisaris terhadap pengungkapan corporate social responsibility tidak berpengaruh positif signifikan. Secara simultan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas, ukuran perusahaan dan ukuran dewan komisaris berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility.

Kata Kunci : Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, Pengungkapan Corporate Social Responsibility


Ketersediaan

2013031063SKR - AKT 184 2017Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 184 2017
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
97 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2013031063
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya