No image available for this title

Skripsi

Analisis faktor yang mempengaruhi kebijakan dividen pada perusahaan sektor manufaktur bursa efek indonesia tahun 2014-2015 dengan menggunakan regresi logistik



Pembimbing : Septiatul Laela
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris terkait signifikansi pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, likuiditas, dan struktur permodalan perusahaan terhadap kebijakan dividen pada perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2015.

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling. Kriteria sampling pada penelitian ini adalah perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang membayarkan dividen secara berturut-turut untuk tahun buku 2014-2015 serta tidak membayarkan dividen secara berturut-turut untuk tahun buku 2014-2015. Total sampel yang digunakan adalah sebanyak 103 perusahaan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Earning per Share (EPS) sebagai proksi dari profitabilitas, logaritma natural dari total aset sebagai proksi ukuran perusahaan, Current Ratio (CR) sebagai proksi dari likuiditas, dan Debt to Equity Ratio (DER) sebagai proksi dari struktur permodalan perusahaan. Pengujian yang digunakan adalah analisis regresi logistik binomial dengan aplikasi SPSS 24.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel EPS, ukuran perusahaan, dan DER berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen. Sementara variabel CR tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen.

Kata Kunci : Earning per Share, Ukuran Perusahaan, Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Kebijakan Dividen


Ketersediaan

2014131004SKR - AKT 175 2017Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 175 2017
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
67 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2014131004
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya