No image available for this title

Skripsi

Pengaruh kompetensi sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi sistem informasi, dan pengendalian intern terhadap keterandalan dan ketepatan waktu pelaporan keuangan pemerintahan (studi empiris pada mitra kerja kppn jakarta utara II)



Pembimbing : Sudjono
Abstrak
Penyusunan dan pembuatan laporan keuangan merupakan sebuah kewajiban yang dilakukan bagi setiap organisasi baik disektor swasta maupun sektor publik. Hal ini dikarenakan laporan keuangan menjadi tolak ukur dalam melihat apakah kinerja yang terjadi dalam sebuah institusi dapat berjalan dengan baik dan semestinya.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh kompetensi SDM, pemanfataan teknologi sistem informasi, dan pengendalian intern (variabel independen) terhadap keandalan dan ketepatan waktu pelaporan keuangan (variabel dependen).

Jenis data dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari kuesioner yang disebarkan langsung kepada responden di lingkungan mitra kerja KPPN Jakarta II. Data yang berhasil dikumpulkan berasal dari 191 responden yang merupakan para pegawai pengelola keuangan pemerintah (operator/pengguna aplikasi keuangan/petugas administrasi/petugas rekonsiliasi/penyusun laporan keuangan/bendahara). Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji kualitas data (uji validitas dan realibilitas), analisis statistik deskriptif, analisis korelasi, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi sumber daya manusia, pemanfataan teknologi sistem informasi, dan pengendalian intern memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keterandalan dan ketepatan waktu pelaporan keuangan pemerintahan. Hasil uji F membuktikan bahwa ketiga variabel secara bersama-sama berpengaruh dan signifikan terhadap keterandalan dan ketepatan waktu pelaporan keuangan pemerintahan.

Kata kunci: Kompetensi SDM, Pemanfataan Teknologi Sistem Informasi, Pengendalian Intern, keandalan dan ketepatan waktu pelaporan keuangan.


Ketersediaan

2015131023SKR - AKT 143 2017Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 143 2017
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
124 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2015131023
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya