No image available for this title

Skripsi

Analisis kontribusi pajak hotel dan pajak restoran terhadap pendapatan asli daerah dki jakarta



Pembimbing : Pandu Haryanto
Abstrak
Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan penerimaan dari pungutan pajak daerah, retribusi daerah, pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan dan pendapatan lain-lain. Pajak hotel dan pajak restoran termasuk di dalam pajak daerah. Kontribusi yang diberikan oleh penerimaan pajak hotel dan pajak restoran dapat memacu pembangunan ekonomi di DKI Jakarta.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui berapa besar kontribusi pajak hotel dan pajak restoran terhadap PAD DKI Jakarta. Penelitian ini dilakukan di Badan Pajak Retribusi Daerah DKI Jakarta. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis uji regresi parsial (uji-t), metode analisis uji koefisien regresi bersama-sama (Uji-F), dan metode analisis koefisien Determinasi (R2) .

Hasil penelitian dalam metode analisis uji regresi parsial menunjukkan kontribusi pajak hotel tahun 2007 – 2014 memberikan kontribusi yang positif namun tidak signifikan dengan hasil nilai koefisien regresi Pajak Hotel sebesar 52.56005 dan signifikansi 0.0517 > 0,05. Sedangkan kontribusi pajak restoran tahun 2007 – 2014 memberikan kontribusi negatif namun signifikan dengan hasil nilai koefisien regresi Pajak Restoran sebesar -19.08014 dan signifikansi sebesar 0.2223 > 0,05. Kemudian dalam metode analisis uji koefisien regresi bersama-sama, kontribusi pajak hotel dan pajak restoran terhadap PAD berpengaruh secara signifikan dengan hasil nilai signifikansi 0.000314 < 0,05. Dan untuk metode analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa pajak hotel dan pajak restoran mempunyai kontribusi terhadap PAD sebesar 76%.

Berdasarkan analisis data tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pajak hotel dan pajak restoran secara bersama-sama memberikan kontribusi yang positif dan signifikan terhadap PAD dan dapat membantu pengelolaan pembangunan ekonomi di DKI Jakarta.

Kata Kunci : Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pendapatan Asli Daerah


Ketersediaan

2013031139SKR - AKT 118 2017Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 118 2017
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
82 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2013031139
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya