No image available for this title

Skripsi

Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Persepsi Kemudahan Dan Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Penggunaan E-Filing Di KPP Pratama Wilayah Jakarta Pusat



Pembimbing : Irzan Syahrial

Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis adanya pengaruh pemahaman wajib pajak, persepsi kemudahan dan kepuasan wajib pajak terhadap penggunaan e-filing. Variabel independennya adalah pemahaman wajib pajak (X1), persepsi kemudahan (X2) dan kepuasan wajib pajak (X3). Sedangkan variabel dependennya adalah penggunaan e-filing (Y).

Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Sampel yang digunakan adalah Wajib Pajak Orang Pribadi yang menggunakan e-filing di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Kemayoran, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Menteng Satu dan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Menteng Tiga. Pengambilan sampel menggunakan metode Convenience Sampling dan jumlah responden dalam penelitian ini adalah 90 responden.

Hasil pengujian pertama dari pemahaman wajib pajak terhadap penggunaan e-filing menunjukkan nilai variabel X1 p-value adalah 0,000 (di bawah 0,05), berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan e-filing. Hasil pengujian kedua dari kepuasan wajib pajak terhadap penggunaan e-filing menunjukkan nilai variabel X2 p-value adalah 0,038 (di bawah 0,05), berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan e-filing. Hasil pengujian ketiga dari kepuasan wajib pajak terhadap penggunaan e-filing menunjukkan nilai variabel X3 p-value adalah 0,023 (di bawah 0,05), berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan e-filing. Terdapat pengaruh positif pemahaman wajib pajak, persepsi kemudahan, dan kepuasan wajib pajak secara bersama-sama terhadap penggunaan e-filing ditunjukkan dengan koefisien regresi semua yang menunjukkan angka positif.

Kata Kunci : E-filing, Pemahaman Wajib Pajak, Persepsi Kemudahan, Kepuasan Wajib Pajak, Wajib Pajak Orang Pribadi.


Ketersediaan

2012031268SKR - AKT 30 17Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 30 17
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
103 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2012031268
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya