No image available for this title

Skripsi

Analisis potensi kebangkrutan perusahaan go public yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta dengan metode altman z-score (studi perusahaan wholesale dan retail)



Pembimbing : Henni Handari

Abstrak:
Semakin berkembangnya perekonomian menyebabkan persaingan antar perusahaan menjadi semakin ketat. Persaingan yang semakin ketat ini menuntut perusahaan untuk selalu memperkuat fundamental manajemen sehingga akan mampu bersaing dengan perusahaan lain. Ketidakmampuan mengantisipasi perkembangan global akan mengakibatkan pengecilan dalam volume usaha yang pada akhirnya mengakibatkan kebangkrutan perusahaan.

Model Altman Z-Score merupakan sebuah model yang digunakan dalam memprediksi potensi kebangkrutan sebuah perusahaan. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui estimasi potensi kebangkrutan perusahaan wholesale dan retail yang telah go publik di Bursa Efek Indonesia dan untuk mengetahui perbandingan potensi kebangkrutan antara perusahaan wholesale dan retail yang telah go public di Bursa Efek Indonesia.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa potensi kebangkrutan pada 18 perusahaan wholesale dan retail yang telah go public di Bursa Efek Indonesia adalah sebagai berikut: Pada kelompok perusahaan wholesale terdapat 7 perusahaan yang berada dalam kategori sehat dalam kurun waktu tiga tahun, 1 perusahaan yang berada dalam kondisi berpotensi untuk bangkrut dan mengalami permasalahan keuangan yang serius selama tiga tahun berturut-turut. Sedangkan 1 perusahaan sisanya berada dalam kondisi rawan (gray area). Sedangkan pada kelompok perusahaan retail terdapat 5 perusahaan yang berada dalam kategori sehat dalam kurun waktu tiga tahun, 2 perusahaan yang berada dalam kondisi berpotensi untuk bangkrut dan mengalami permasalahan keuangan yang serius selama tiga tahun berturut-turut. Sedangkan 2 perusahaan sisanya berada dalam kondisi rawan (gray area). Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa nilai potensi kebangkrutan perusahaan wholesale lebih baik dari perusahaan retail.

Kata Kunci : metode Altman z-score, analisis potensi kebangkrutan
(xii + 84 + lampiran)


Ketersediaan

2009031052SKR - AKT 150 15Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 150 15
Penerbit STIE YAI : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
84 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2009031052
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya