No image available for this title

Skripsi

Pengaruh keterlibatan pengguna dan dukungan manajemen puncak terhadap kinerja sistem informasi akuntansi pada perusahaan perbankan di Jakarta Pusat



Pembimbing : Sudjono
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh keterlibatan pengguna dan manajemen puncak terhadap kinerja sistem informasi akuntansi pada perusahaan perbankan di Jakarta Pusat.

Dalam penelitian ini sebagai objek penelitian adalah lima perusahaan perbankan yang telah menggunakan sistem informasi akuntansi komputerisasi dalam pelaksanaan dan pelayanan perbankannya. Kelima perusahaan perbankan sebagai objek penelitian adalah PT. Bank Central Asia, Tbk, PT. Bank Mandiri Persero, Tbk, PT. Bank Tabungan Negara Indonesia, Tbk, PT. Bank UOB Indonesia dan PT. Bank Negara Indonesia, Tbk.

Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah berdasarkan tingkat eksplanasi, yaitu penelitian asosiatif (hubungan), karena penelitian ini ingin mengetahui hubungan dan pengaruh yang di timbulkan oleh empat variable, yaitu variable pertama adalah Keterlibatan pengguna yang merupakan variable bebas (X1), variable kedua adalah manajemen puncak yang merupakan variable bebas (X2), dan variable ke tiga adalah kinerja system informasi akuntansi yang merupakan variable terikat (Y).

Hasil analisis interpretasi dari penelitian ini adalah hasil analisis korelasi berganda Keterlibatan pemakai dalam pengembangan sistem (X1), Manajemen Puncak (X2) dengan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi (Y) diperoleh koefisien korelasi (r) sebesar 0,751 (sangat kuat) yang berarti hubungan yang positif antara Keterlibatan pemakai dalam pengembangan sistem dan Manajemen Puncak dengan Kinerja Sistem Informasi Akuntansi. persamaan regresi yaitu Y = 11,318 + 0,048 x1 + 0,558 x2 +ε Melalui persamaan regresi ini dapat dijelaskan bahwa konstanta sebesar 11,318; koefisien regresi satu 0,048; koefisiensi regresi dua 0,558. Dari hasil statistik diperoleh Fo > Fα; V1, V2; yaitu Fhitung = 42,80 > Ftabel = 3,35, dan nilai signifikan (0,000) < (0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh positif dan signifikan Keterlibatan pemakai dalam pengembangan sistem dan Manajemen Puncak secara simultan terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi sehingga pengaruh Keterlibatan pemakai dalam pengembangan sistem dan Manajemen Puncak terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi dapat diterima.

Kata Kunci : Keterlibatan Pengguna, Manajemen Puncak dan Kinerja Sistem Informasi Akuntansi.


Ketersediaan

2011131005SKR - AKT 113 15Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 113 15
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
87 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2011131005
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya