No image available for this title

Skripsi

Analisis pengaruh mekanisme penerapan good corporate governance & profitabilitas terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar pada BEI periode tahun 2010-2014



Pembimbing : Laili Suryati
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan manajemen laba yang kerap dilakukan oleh manajemen perusahaan demi kepentingan pribadi maupun dikarenakan kondisi perusahaan yang terancam likuidasi. Penulis kemudian meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen laba, yaitu mekanisme penerapan good corporate governance dan profitabilitas. Indikator-indikator yang diambil dari good corporate governance sekaligus menjadi variabel independen adalah komite audit (X1), ukuran dewan direksi (X2), proporsi komisaris independen (X3), dan kepemilikan institusional (X4), juga profitabilitas (X5) sebagai variabel independen lainnya. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat membantu pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya dalam menilai kondisi keuangan perusahaan yang sebenarnya terkait laba. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa pengaruh mekanisme penerapan good corporate governance dan profitabilitas terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar pada BEI periode tahun 2010-2014.

Populasi data dalam penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2010 – 2014 sejumlah 175 perusahaan, dengan sampel sejumlah 35 perusahaan. Hasil penelitian secara parsial diperoleh bahwa ukuran dewan direksi dan profitabilitas mempengaruhi secara signifikan terhadap manajemen laba, sedangkan komite audit, proporsi komisaris independen, dan kepemilikan institusional tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap manajemen laba.

Keterbatasan penulis dalam pengumpulan data yang hanya terbatas pada perusahaan manufaktur, dan diharapkan penelitian pada faktor yang mempengaruhi manajemen laba dapat diperluas.

Kata kunsi: Manajemen laba, Good Corporate Governance, Profitabilitas, Laba


Ketersediaan

2011031199SKR - AKT 104 15Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 104 15
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
107 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2011031199
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya