No image available for this title

Skripsi

Pengaruh sosialisasi pajak dan pemahaman wajib pajak mengenai pp no. 46 tahun 2013 terhadap kepatuhan pembayaran dan pelaporan pajak (studi empiris pemilik UMKM di Bekasi Cyber Park)



Pembimbing : Elon Manurung
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara sosialisasi pajak dan pemahaman wajib pajak mengenai PP no. 46 tahun 2013 dengan kepatuhan pajak pada pemilik UMKM di Bekasi Cyber Park. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan variabel bebas sosialisasi pajak (X1) dan pemahaman wajib pajak (X2) dengan variabel terikat kepatuhan pajak (Y).

Populasi penelitian adalah seluruh pemilik UMKM di Bekasi Cyber Park dan jumlah sampel sebanyak 50 pemilik UMKM di Bekasi Cyber Park. Metode pengumpulan data menggunakan teknik convenience sampling dengan teknik kuesioner. Seluruh pengujian dan analisis data menggunakan bantuan program SPSS (Statistical Package for the Social Sciences).

Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh secara bersama-sama yang signifikan antara sosialisasi pajak dan pemahaman wajib pajak mengenai PP no. 46 tahun 2013 terhadap kepatuhan pemilik UMKM di Bekasi Cyber Park dalam membayar dan melaporkan pajak. Dengan diadakannya penelitian ini diharapkan dapat memperluas pengetahuan pemilik UMKM tentang peraturan perpajakan dan meningkatkan kepatuhan dalam pembayaran dan pelaporan pajak sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Kata kunci: sosialisasi pajak, pemahaman wajib pajak, kepatuhan pajak, PP no. 46 tahun 2013, UMKM


Ketersediaan

2011031144SKR - AKT 89 15Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 89 15
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
82 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2011031144
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya