No image available for this title

Skripsi

Pengaruh neraca pembayaran/balance of payment (bop), inflasi, dan tingkat suku bunga sbi terhadap nilai tukar valuta asing pada Bank Indonesia



Pembimbing : Aang Syahdina
Abstrak
Dalam skripsi ini yang telah diteliti adalah pengaruh Neraca Pembayaran/Balance Of Payment (BOP), Inflasi, Dan Tingkat Suku Bunga SBI Terhadap Nilai Tukar Valuta Asing Pada Bank Indonesia. Dalam penelitian ini terdapat 4 variabel, yaitu Neraca Pembayaran/Balance Of Payment (BOP) sebagai variabel independen ( X1 ), Inflasi sebagai variabel independen ( X2 ), Tingkat Suku Bunga SBI sebagai variabel independen ( X3 ) dan Nilai Tukar Valuta Asing sebagai variabel dependen ( Y ). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Neraca Pembayaran/Balance Of Payment (Bop), Inflasi, Dan Tingkat Suku Bunga SBI Terhadap Nilai Tukar Valuta Asing Pada Bank Indonesia.

Dalam penelitian ini menggunakan data observasi sebanyak n = 60 pada Bank Indonesia. Hasil analisis Balance of Payment (BOP) terhadap Nilai Tukar Valuta Asing menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif yang signifikan dari thitung sebesar -2,387, lebih besar dari nilai ttabel sebesar -2,002, maka dapat diambil kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis Inflasi terhadap Nilai Tukar Valuta Asing terdapat pengaruh positif dan signifikan dari thitung sebesar 4,964 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 2,002, maka dapat diambil kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis Tingkat Suku Bunga SBI terhadap Nilai Tukar Valuta Asing terdapat pengaruh positif dan signifikan dari dari thitung sebesar 3,151 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 2,002, maka dapat diambil kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.

Terdapat pengaruh secara simultan antara Neraca Pembayaran/Balance Of Payment (Bop), Inflasi, Dan Tingkat Suku Bunga SBI Terhadap Nilai Tukar Valuta Asing Pada Bank Indonesia, memiliki pengaruh positif dan signifikan dari Fhitung sebesar 22,625 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 2,769 maka dapat diambil kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.

Keterbatasan dalam penelitian ini adalah hanya meneliti Neraca Pembayaran/Balance Of Payment (BOP), Inflasi, Dan Tingkat Suku Bunga SBI saja, sedangkan masih ada faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi Nilai Tukar Valuta Asing pada Bank Indonesia. Saran penulis untuk penelitian selanjutnya adalah manambah variabel lain yang dapat mempengaruhi Nilai Tukar Valuta Asing dan menambah jumlah n observasi yang dijadikan sebuah sampel dalam penelitian.

Kata Kunci : Neraca Pembayaran/Balance Of Payment (Bop), Inflasi, Tingkat Suku Bunga SBI dan Nilai Tukar Valuta Asing Pada Bank Indonesia.


Ketersediaan

2010021078SKR - MNJ 12 15Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - MNJ 12 15
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
114 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2010021078
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya