No image available for this title

Skripsi

Pengaruh risiko ligitasi dan growth opportunity terhadap konservatisme akuntansi pada perusahaan manufaktur (industri consumer goods) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2013



Pembimbing : Sri Supriastuti
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh risiko litigasi dan growth opportunity terhadap konservatisme akuntansi. Penelitian ini menggunakan dua pengukuran konservatisme, yaitu akrual sebagai pengukuran berdasarkan akuntansi dan rasio book to market sebagai pengukuran berdasarkan nilai pasar.

Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur (Industri Consumer Goods) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2011 hingga 2013. Total sampel penelitian adalah 29 perusahaan yang ditentukan melalui purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan analisis korelasi dan regresi untuk menganalisis hubungan dan pengaruh antara variabel dalam statistik infrensial.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan risiko litigasi mempunyai pengaruh signifikan positif terhadap konservatisme akuntansi yang diukur dengan ukuran akrual maupun dengan nilai pasar, sedangkan growth opportunity tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap konservatisme akuntansi yang diukur dengan ukuran nilai akrual, tetapi berpengaruh signifikan terhadap konservatisme dengan ukuran nilai pasar. Growth opportunities mempunyai arah koefisien negatif terhadap konservatisme akuntansi dengan ukuran akrual, maupun terhadap konservatisme akuntansi dengan ukuran nilai pasar.

Kata kunci: konservatisme, akrual, rasio book to market, risiko litigasi, growth opportunity


Ketersediaan

2010031101SKR - AKT 129 14CDTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - AKT 129 14
Penerbit STIE Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
87 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2010031101
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya