No image available for this title

Skripsi

Pengaruh faktor keuangan dan non keuangan pada peringkat obligasi di Bursa Efek Indonesia



Pembimbing : Seftiatul Laela
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh laba operasi, arus kas dari aktivitas operasi, likuiditas, dan umur obligasi pada peringkat obligasi Bursa Efek Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah obligasi perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan diperingkat oleh PT Pefindo periode tahun 2009-2012. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 42 obligasi. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan metode penyempelan bersasarab (purposive sampling), sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis Regresi Logistik.

Penelitian ini menghasilkan bahwa laba operasi dan arus kas dari aktivitas operasi berpengaruh positif pada peringkat obligasi. Hal ini menunjukkan bahwa laba operasi dan arus kas dari aktivitas operasi dapat mempengaruhi baik atau buruknya peringkat obligasi perusahaan non keuangan. Sedangkan likuiditas dan umur obligasi tidak berpengaruh pada peringkat obligasi. Hal ini berarti bahwa tinggi rendahnya variabel-variabel tersebut tidak mempengaruhi baik atau buruknya peringkat obligasi perusahaan non keuangan di Bursa Efek Indonesia.

Hasil penelitian ini diharapkan bisa dijadikan rujukan bagi perusahaan untuk meningkatkan peringkat obligasi dengan cara meningkatkan laba operasi dan arus kas dari aktivitas operasi, sedangkan bagi investor bisa dijadikan sebagai masukan dalam pengambilan keputusan investasi tidak hanya berpatokan pada tingkat return yang lebih tinggi, serta bagi peneliti selanjutnya dapat digunakan sebagai acuan dalam pemilihan variabel yang mempengaruhi obligasi.

Kata kunci: peringkat obligasi, laba operasi, arus kas dari aktivitas operasi, likuiditas, umur obligasi


Ketersediaan

2011131049SKR-AKT 155 2013Perpustakaan STIE Y.A.ITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR-AKT 155 2013
Penerbit S.T.I.E YAI : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
65 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2011131049
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya