Detail Cantuman
Advanced SearchArtikel Jurnal
Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi profesionalisme guru Sekolah Dasar Negeri di Kelurahan Kapuk Kecamatan Cengkareng
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi profesionalisme guru. Data yang dipergunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 80 orang guru di lingkungan Sekolah Dasar Negeri di Kelurahan Kapuk Kecamatan Cengkareng. Metoda yang digunakan untuk menganalisisnya adalah regresi berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji hipotesa F dan t dengan menggunakan bantuan program SPSS Versi 16.0. Hasil analisis diperoleh koefisien korelasi keseluruhan variabel bebas terhadap variabel terikat dinyatakn berkorelasi positif dan kuat yang ditunjukkan dari nilai R sebesar 0,693 dan nilai R squarenya sebesar 0,481. Artinya 48,10% seluruh variabel bebas, yakni: pendidikan dan pelatihan, pengalaman mengajar, semangat mengajar, disiplin mengajar dan peran serta guru dalam organisasi profesi berpengaruh terhadap profesionalisme. Sisanya 51,90% disebabkan oleh faktor-faktor lain diluar pengamatan penelitian. Sedangkan koefisien korelasi parsial dari setiap variabel bebas, menghasilkan persamaan Y=1,572+0,434 X1+0,211 X2+0,082 X3+0,020 X4+0,173 X5+ε. Hasil uji hipotesis secara parsial (uji t), menunjukkan bahwa t1=3,514 > 1,665, terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan dan pelatihan dengan profesionalisme guru. t2= 1,593 < 1,665, tidak terdapat pengaruh antara pengalaman mengajar dengan profesionalisme guru. t3= 0,778 < 1,665, tidak terdapat pengaruh antara semangat mengajar dengan profesionalisme guru. t4= 0,184 < 1,665, tidak terdapat pengaruh antara disiplin mengajar dengan profesionalisme guru. t5= 1,583 < 1,665, tidak terdapat pengaruh antara peran serta dalam organisasi profesi dengan profesionalisme guru. Sedangkan hasil uji f diperoleh fhitung > ftabel, yakni 13,711 > 2,490 dan berada pada daerah diterimanya ha, maka hal ini menyatakan bahwa seluruh variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap variabelterikat, atau dengan kata lain pendidikan dan pelatihan, pengalaman mengajar, semangat mengajar, disiplin mengajar dan peran serta guru dalam organisasi profesi bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap profesionalisme Guru Sekolah Dasar Negeri di Kelurahan Kapu, Kecamatan Cengkareng.
Ketersediaan
JEBI 10 2014 | JEBI 10 2014 | Perpustakaan STIE Y.A.I | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan |
Informasi Detil
Judul Seri |
Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia, Vol. 9 No. 2 Des 2014, hlm. 27-44
|
---|---|
No. Panggil |
JEBI 10 2014
|
Penerbit | STIE Bisnis Indonesia : Jakarta., 2014 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
0126-1991
|
Klasifikasi |
-
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain